Tugas ke-2 Softskill Akuntansi Internasional – Perusahaan Multinasional (MNC)

Tugas ke-2 Softskill Akuntansi Internasional – Perusahaan Multinasional (MNC)

Nama   :  Dwianto Khristiano

Kelas   :  4EB23

NPM   :  22212316

Perusahaan Multinasional yang Dipilih  :  BMW

 

BMW

BMW (singkatan untuk Bayerische Motoren Werke, atau dalam Bahasa Inggris,

Bavarian Motor Works), adalah sebuah perusahaan otomotif Jerman yang memproduksi

mobil dan sepeda motor. BMW didirikan pada tahun 1916 oleh Franz Josef Popp. BMW AG adalah perusahaan induk dari merk mobil MINI dan Rolls-Royce, dan, dulunya Rover. BMW dikenal sebagai salah satu perusahaan mobil mewah dengan performa tinggi, dan juga salah satu perusahaan mobil pertama yang menggunakan teknologi ABS.

softskill

  • Sejarah Perusahaan

BMW mengawali bisnisnya setelah restrukturisasi dari perusahaan pembuat mesin pesawat terbang Rapp Motorenwerke tahun 1917. Akhir dari Perang Dunia I tahun 1918, BMW dipaksa untuk berhenti memproduksi mesin pesawat terbang karena adanya Perjanjian Versailles. Perusahaan ini beralih untuk memproduksi sepeda motor tahun 1923 setelah perjanjian itu mulai dilonggarkan, dan mulai memproduksi mobil tahun 1928/29.

Tahun 1992, BMW mengakuisisi perusahaan studio desain industri di California Designworks USA, dan mengakuisisi penuh tahun 1995. Tahun 1994, BMW membeli perusahaan otomotif Inggris Grup Rover (dimana pada saat itu ada merek RoverLand Rover dan MG dan juga hak atas merek yang sudah tidak lagi diproduksi yaitu Austin dan Morris) dan memilikinya selama 6 tahun. Tahun 2000, Rover mengalami kerugian besar dan BMW pun menjualnya. Merek MG dan Rover dijual ke Phoenix Consortium untuk membentuk MG Rover, sedangkan Land Rover diambil alih Ford. BMW akhirnya mendirikan merek sendiri yang ia namai MINI, yang diluncurkan tahun 2001.

Bayerische Motoren Werke AG (BMW) yang dalam bahasa Inggris Bavarian Motor Works adalah produsen manufaktur otomotif baik kendaraan roda 2 maupun kendaraan roda 4 yang berasal dari Jerman. BMW pertama kali berdiri pada tahun 1916, terkenal dengan segmentasi produk yang identik dengan kemewahan serta fasilitas canggihnya. Mereka juga merupakan perusahaan yang memproduksi merek dagang MINI, dan merupakan perusahaan induk dari Rolls-Royce Motor . Awal mula berdirinya BMW yaitu pada saat setelah era Perang Dunia I, BMW diharuskan dan dibatasi ruang lingkup produksinya hanya untuk menjadi produsen mesin pesawat sesuai dengan perjanjian Versailles yang dikenakan oleh dunia internasional terhadap Jerman. Perusahaan tersebut memulai debutnya dalam memproduksi produk otomotif pada 1923 setelah perjanjian Versailles ditarik dan telah dicabut, hal tersebut diikuti dengan produk kendaraan roda 4 pada tahun 1928.

Pada logo BMW sendiri memiliki makna sebagai berikut. Bentuk lingkaran biru dan putih pada logo, memiliki makna berupa wujud bentuk mesin baling-baling pesawat terbang, mengacu pada bentuk kipas yang bekerja dengan cara memutar dan membelah udara di sekitarnya dan baling-baling pesawat terbang menyapu udara biru dan di interpretasikan oleh BMW serta diadopsi pada tahun 1929, tepatnya 12 tahun lamanya semenjak logo dan lambang tersebut diciptakan dan lahir secara publikasi.

Faktanya logo tersebut mengalami evolusi sebagai logo perusahaan Motorenwerke , semenjak saat itu perusahaan BMW berkembang dengan pesat. Logonya itu sendiri merupakan kombinasi antara warna biru dan putih yang merupakan lambang atau logo dari Bavaria yang telah menghasilkan suatu impresi dari lambang atau logo dari perusahaan otomotif BMW . Logo tersebut telah bertahan hingga saat ini. Makna dari logo yang bertahan sekian lama ini menimbulkan nilai jual serta gengsi di tengah – tengah konsumennya serta karyawan perusahaan BMW sendiri.

Hasil mesin dari produsen BMW pertama yang sangat signifikan adalah merupakan mesin pesawat yaitu seri BMW IIIa enam silinder segaris dengan menggunakan pendingin air pada tahun 1918, memiliki keunggulan pada ketinggian terbang yang sangat handal. Dengan prosesi atau era dipersenjatainya kembali Jerman pada tahun 1930, perusahaan kembali menghasilkan mesin pesawat untuk Angkatan Udara Jerman (Luftwaffe). Di tengah – tengah era keberhasilan pada perang dunia II terdapat beberapa jenis mesin yaitu BMW 132 dan BMW 801 yang berpendingin udara dengan bahan komposit radial, dan merupakan masa – masa awal perancangan mesin BMW 003 dengan system axial Flow dari jenis turbojet, dimana hanya dipergunakan pada beberapa jenis produk saja. Sedangkan pada era 1944 – 1945 yang merupakan era mesin pesawat jet, pada pesawat tempur Angkatan Udara Jerman Heinkel He 162 Salamander, dan diuji pada versi A-1b yang merupakan pesawat jet tempur pertama milik Angkatan Udara Jerman yaitu, Messerschmitt Me 262 .

Pada tahun 1959 divisi otomotif BMW mengalami masa – masa sulit secara keuangan serta beberapa kali diadakan pertemuan dan rapat untuk mengadakan koordinasi apakah diperlukan secara luas untuk melakukan likuidasi pada perusahaan. Pada fase ini juga diputuskan apakah perusahaan akan dilanjutkan atau dilemparkan kepada masyarakat untuk dapat membeli sejumlah sahamnya. Keadaan tersebut membuat beberapa competitor perusahaan manufaktur selain BMW berhasil dan melengggang dengan bebas di pasaran, sedangkan BMW saat itu tengah berbenah untuk masalah internalnya. Perusahaan yang menjadi competitor BMW tersebut adalah merupakan perusahaan manufaktur yang pernah memproduksi pesawat terbang dalam hal ini yaitu Messerschmitt dan Heinkel.

Di lain pihak dan bidang, salah satu perusahaan kecil di Italia telah berhasil membawa rancangan mesin sepeda motor milik BMW dan telah menjadikannya sebagai produksi masal. Dengan dibeli dan diambil alihnya rancangan tersebut telah memberikan suntikan dana sehingga perusahaan kembali dapat berdiri dengan tegak kembali di atas kaki mereka kembali. Pihak yang telah mendominasi kepemilikan saham pada BMW sejak tahun 1959 adalah keluarga Quandt. Mereka menguasai saham sekitar 46% sedangkan sisanya dimiliki oleh publik.

Sedangkan di Indonesia sendiri BMW pertama kali menginjakkan kakinya pada tahun 1976. Pada masa pertama kali tersebut BMW datang dengan menggandeng mitra lokalnya yaitu PT Tjahya Sakti Motor yang juga merupakan rekanan atau anak perusahaan dari PT Astra International Tbk. Sektor bisnis yang mereka jalankan adalah menyediakan serta melakukan saluran pendistribusian produk otomotif roda 4 dari BMW secara Completely Built Up (CBU) atau Completely Knocked Down (CKD) . Pada gambar di atas adalah salah satu kantor pusat BMW Indonesia pada Wisma GKBI Jalan Jenderal Sudirman. Kemasan mewah, moderen, canggih melekat pada merek BMW baik produk, kantor pusat, pelayanan dan lain sebagainya.

Pada tahun 1992, BMW telah merealisasi dalam mendirikan pusat industri otomotif di Negara bagian California di Amerika Serikat dengan biro perancangannya yang bernama DesignworksUSA, dan beroperasi secara menyeluruh dan penuh pada tahun 1995. Pada tahun 1994, BMW membeli saham dari British Rover Group (merupakan agen tunggal serta produsen khusus merek otomotif Rover, Land Rover, MG serta Austin n’ Morris), dan BMW memiliki itu semua selama 6 tahun. Namun pada tahun 2000, merek dagang Rover mengalami kerugian besar dan BMW menjual sebagian dari saham merek Rover. Merek dagang MG dan Rover brands dijual pada konsorsium Phoenix yang akhirnya menghasilkan merek dagang MG Rover, sementara itu Land Rover diambil alih oleh Ford. BMW akhirnya hanya memiliki hak dan konsentrasi produksi pada merek otomotif MINI, dan dilempar ke pasaran pada tahun 2001.

Kepala designer Chris Bangle mengumumkan hal tersebut atas nama BMW setelah menghabiskan waktu dan karirnya bersama dengan tim designer selama hampir 17 tahun lamanya. Ia akan digantikan oleh Adrian van Hooydonk, yang juga merupakan tangan kanan Chris Bangle. Bangle terkenal sekali dengan hasil rancangannya yang agak ekstrim, yaitu BMW seri 7 tahun 2002 dan BMW Z4 tahun 2002.

Generasi baru dan produksi besar dari tiap model BMW berupa jenis sedan kompak dan coupe dimulai pada tahun 1962 mencapai hingga 1500 unit terus berlanjut hingga tahun 1977 berhenti pada angka 2002 unit. Dirancang khusus oleh BMW unutk menunjukkan secara perdana pada publik dan konsumen mengenai mesin 4 silinder mereka yang dipasang pada model mesin M10. model dan kelas kelas baru ini dilengkapi oleh suspensi yang sifatnya independen, yaitu MacPherson struts pada bagian depan, dan pada bagian depan juga sudah dilengkapi oleh rem piringan atau cakram. Identik sekali dengan jenis sedan keluarga 4 pintu dan coupe dua pintu. Jajaran model – model baru ini juga dtambahi dengan sedan sport 2 pintu. Model – model inilah yang akan menjadi BMW seri 3 yang sangat terkenal saat ini, kesuksesan pada model 2 pintu inilah membuat beberapa bengkel – bengkel yang berspesialisasi pada peningkatan performa kendaraan menjadi sangat berantusias.

  • Visi dan Misi BMW

Visi sendiri adalah representasi dari keyakinan organisasi atau perusahaan tentang bagaimana kemajuan dari organisasi atau perusahaan di masa yang akan datang. Hal tersebut selalu memiliki keterkaitan bagaimana pelanggan atau konsumen, karyawan dari organisasi atau perusahaan tersebut, pemilik serta pihak – pihak terkait lainnya dalam memandang perusahaan atau organisasi terkait .

Menyangkut mengenai visi dari BMW adalah bagaimana perusahaan merumuskan visi mereka dalam sepak terjang dalam bisnis otomotif di dunia atau internasional. Adapun visi dari BMW adalah sebagai berikut :

  1. a) Memperkuat citra merek BMW (Strong BMW Brand Image)
  2. b) Perusahaan terbaik untuk mengembangkan karir (Best Company To Work For)
  3. c) Profitabilitas (Profitabillity)

Melihat dari perumusan visi dari BMW di atas kita dapat menyimpulkan bahwa BMW cukup handal dan tepat sasaran dalam merumuskan visi dari perusahaan atau organisasi mereka. Tujuannya jelas image yang khas dari merek mereka yang bersifat segmentasi khusus terhadap lapisan – lapisan konsumen tertentu. Serta mereka pun tak lupa menyertakan perusahaan mereka yang terbaik untuk setiap karyawannya atau sdm lainnya dari luar perusahaan yang akan diberikan kesempatana untuk menjadi yang terbaik bersama perusahaan mereka. Yang terakhir mereka juga merumuskan bahwa mereka juga tetap memiliki visi yang tentunya menjadi hal yang umum pada tiap perusahaan dalam sektor bisnis yaitu keuntungan atau profit. (To become most successful Premium Manufactured in the Car Industry)

Misi sendiri adalah pernyataan yang sifatnya komprehensif mengenai konsep organisasi atau perusahaan, sifat bisnisnya, alasannya, pihak – pihak yang dilayani atau konsumen, prinsip dan nilai – nilai yang menjadi panduan bai perusahaan atau organisasi dalam menjalankan bisnisnya . Berdasarkan teori ini penulis memperkuatnya dengan konsepsi serta perumusan misi dari pihak lainnya. Misi adalah tujuan atau tugas dan nilai guna dari perusahaan terhadap konsumennya. Hal tersebut juga didasari oleh pemikiran dari pendiri utama perusahaan pada awalnya . Adapun misi dari BMW adalah sebagai berikut ini :

  1. a) Kepuasan pelanggan (Customer Satisfaction)
  2. b) Pengenalan produk baru (New Models Introduction)
  3. c) Jaringan dealer yang kuat (Strong Dealership Network).

Melihat berdasarkan perumusan misi di atas adalah bagaimana BMW secara komitmen dalam menjalankan tugasnya sebagai ATPM pada produk otomotif BMW bagaimana memberikan pelayanan yang dapat memberikan suatu kepuasan terhadap pelanggan atau konsumen. BMW juga memiliki komitmen dalam memberikan pengenalan terhadap produk – produk baru yang mereka hasilkan. Serta dilengkapi dengan jaringan bengkel pada merek dagang mereka yang kuat tentunya dapat mencapai titik atau point dari Service Excellency. (The BMW Group is the world’s leading provider of Premium Products and Premium service for Individual mobility.)

 

  • Tujuan Perusahaan BMW

Tujuan dari perencanaan strategis ini adalah agar dapat membuat BMW menjadi penguasa pasar merek premium pada bisnis otomotif. Adapun tujuan dari BMW sendiri menurut penulis adalah sebagai berikut ini :

  1. a)  Menjadi penguasa pasar pada bisnis otomotif
  2. b)  Menghasilkan suatu produk otomotif yang modern
  3. c)  Menghasilkan produk otomotif yang dapat meningkatkan nilai “gengsi” konsumennya
  4. d)  Menyediakan layanan purna jual yang prima
  5. e)  Memberikan pelayanan konsumen yang bersifat “Service Excellency”
  6. f) Memberikan pelayanan dalam hal suku cadang produk yang selalu tersedia dimanapun dan kapanpun
  7. g) Memberikan kemudahan bagi konsumen untuk melakukan transaksi jual beli kendaraannya.

 

  • Perkembangan Produksi

Pada tahun 2006, Grup BMW (termasuk Mini dan Rolls-Royce) memproduksi 1.366.838 unit mobil yang diproduksi di 5 negara. Tahun 2010, meningkat menjadi 1.481.253 unit mobil dan 112.271 unit motor (dengan merek BMW dan Husqvarna brands).

Mobil-mobil yang diproduksi oleh BMW 56% merupakan mobil bensin dan 44 % sisanya mobil diesel. Dari mobil-mobil bensin itu, 27% memakai mesin 4 silinder dan 9% memakai mesin 8 silinder.

 

Produksi per tahun

Year BMW MINI Rolls-Royce Sepeda motor
2005 1.122.308 200.119 692 92.012
2006 1.179.317 186.674 847 103.759
2007 1.302.774 237.700 1.029 104.396
2008 1.203.482 235.019 1.417 104.220
2009 1.043.829 213.670 918 82.631
2010 1.236.989 241.043 3.221 99.236
2011 1.440.315 294.120 3.725 118.865
2012 1.547.057 311.490 3.279 125.284
2013 1.699.835 303.177 3.354 110.129

 

Produksi berdasarkan negara

Negara Memproduksi 2006 2008 Model
Jerman BMW 905.057 901.898 Lainnya
Meksiko BMW 1.500 100.000 BMW X3, X5, 3, 5, 7-series
Rusia BMW 1.500 2.000 BMW X5, X6, 5-series
Britania Raya Mini 187.454 235.019 Semua model MINI
Rolls-Royce 67 1.417 Semua model Rolls-Royce
Austria BMW 114.306 82.863 BMW X3
AS BMW 105.172 170.741 BMW X5, X6
Afrika Selatan BMW 54.782 47.980 BMW 3-Series
Total 1.366.838 1.439.918

 

BMW juga mempunyai pabrik perakitan komponen di ThailandRusiaMesirIndonesiaMalaysia, dan Chennai, India untuk seri 3, 5, 7, dan X3.

 

  • Penjualan Global

Penjualan total di seluruh dunia berdasarkan laporan tahunan BMW.

Tahun BMW MINI Rolls-Royce Sepeda motor
2000 822.181
2001 880.677
2002 913.225
2003 928.151
2004 1.023.583
2005 1.126.768 200.428 796 97.474
2006 1.185.088 188.077 805 100.064
2007 1.276.793 222.875 1.010 102.467
2008 1.202.239 232.425 1.212 101.685
2009 1.068.770 216.538 1.002 87.306
2010 1.224.280 234.175 2.711 98.047
2011 1,380.384 285.060 3.538 113.572
2012 1.540.085 301.525 3.575 117.109

 

  • Unit yang Diproduksi
  1. Mobil BMW

BMW Seri 3 adalah sebuah mobil eksekutif yang diciptakan produsen otomotif Jerman, BMW, sejak Mei 1975. BMW Seri 3 merupakan penerus dari 2002 coupe dan telah diproduksi dalam 5 inkarnasi dan tidak kurang dari 5 model yang berbeda. Pada generasi kedua BMW seri 3 tidak hanya dibuat dalam bentuk Coupe 2 pintu, tetapi juga hadir dengan bentuk Sedan 4 pintu, Converible atau Cabriolet yang atapnya bisa dibuka, dan Station Wagon atau Touring .Model sport berkemampuan tinggi yang diberi nama M3 hadir padatahun 1986. BMW M3 merupakan mobil yang tangguh untuk balapantouring, dan juga ikut dalam kejuaraan rally dunia / World Rally Championship (WRC) serta kejuaraan rally di Eropa. M3 berhasil menjadi juara dalam WRC Tour de Corse tahun 1987.Ini merupakan BMW seri 3 pertama yang resmi dijual di Indonesiayaitu 318i Sedan. Model awal menggunakan mesin M10, sedangkan model facelift yang hadir pada tahun 1989 menggunakan mesin M40.Pada generasi ketiga ini merupakan model yang sangat sukses dan menyenangkan untuk dikemudikan. Pertama kali diluncurkan di Jermanpada tahun 1991, dan masuk ke pasar dunia termasuk Indonesia dan Amerika Serikat untuk model tahun 1992.Model yang tersedia di Indonesia adalah 318i, 320i, dan 323i. Untuk Amerika Serikat, BMW E36 adalah 318i, 325i, dan M3 dalam bentuk Sedan, Coupe, dan Convertible. 325i kemudian digantikan oleh 328i.

BMW Seri 5 adalah mobil sedan dan station wagon kelasmenengah atas kelas atau kelas eksekutif yang diproduksi oleh BMW sejaktahun 1972.Bodi dirancang oleh Marcello Gandini, berbasis pada BMW Garmisch 2002ti Bertone yang muncul saat Geneva Show 1970. Gandini juga merancang Fiat 132 dan Alfa Romeo Alfetta, dua kendaraan lainnyadengan desain yang mirip.

Seri 5 telah memulai tradisi BMW untuk memberi penamaan dengant iga digit nomor. Digit pertama (5 dalam hal ini) mewakili model/seri, dua digit berikutnya (biasanya) mewakili besaran kapasitas mesin dalam silider (sepersepuluh), yang mana menjadi pembeda utama. Abjad/huruf tambahan atau sebuah kata biasanya juga ditambahkan di akhir dari sesusun tiga angka tadi untuk menunjukkan jenis bahan bakar yangdigunakan (bensin atau diesel), detail mesin atau transmisi, dan/atau jenisbodi. Huruf “i” misalnya mengacu pada definisi bahwa mesin pada kendaraan tersebut menggunakan sistem pasokan bahan bakar injeksi.Perjalanan BMW di Asia sejak 1930 dan pentingnya pasar Asia dan Asia Tenggara bagi BMW itu sendiri. Paska krisis di Amerika Serikat penjualan BMW kembali naik tumbuh 27% berkat penyegaran sejumlah produk dan akan disusul dengan Seri 6 Convertible, Seri 1 M dan sedan M5di tahun depan.

Seri 1 yang diluncurkan tahun 2004 adalah mobil BMW yang paling kecil, tersedia dalam 2 model yaitu koupe/konvertibel (E82/E88) dan hatchback (E81/E87). Seri 3 masuk dalam mobil kompak eksekutif, mulai diproduksi tahun 1975, sekarang memasuki generasi kelima dari (BMW E90); model-model yang tersedia antara lain sedan sport (E90), station wagon (E91), koupe (E92), dan konvertibel (E93). Seri 5 adalah sedan eksekutif mid-size, tersedia dalam versi sedan (E60) dan station wagon (E61). Seri 5 Gran Turismo (F07) yang dimulai mulai tahun 2010, akan mengisi segmen di antara mobil kelas station wagon dan crossover SUV.

  • BMW 7-Series (F01)

Jajaran mobil teratas BMW adalah sedan full-size eksekutif Seri 7. BMW juga banyak memperkenalkan teknologi barunya di BMW Seri 7 ini, seperti sistem iDrive.Seri 7 Hidrogen juga termasuk dalam salah satu mobil berbahan bakar hidrogen pertama di dunia, emisinya hanya berupa uap air. Ada juga Seri 6 adalah mobil mewah kelasgrand touring. Mobil roadster dan coupe 2 pintu Z4 (E85) sudah dijual sejak tahun 2002.

  • BMW X3 SUV (E83)

X3 (E83), mobil crossover SUV pertama BMW, memulai debutnya pada tahun 2003 dan menggunakan platform Seri 3 E46/16. Menggunakan sistem penggerak 4 roda BMW yang mereka namakan BMW’s xDrive all-wheel drive. SUV lainnya, X5 (E70), dijual sejak tahun 2000. X6 dijual mulai Desember 2007 dan X1 mulai dijual tahun 2009.

  • Seri 1(E81)(2004–sekarang) Hatchback, koupe, dan konvertibel
  • Seri 3 (E90)(2005–sekarang) Sedan, koupe, konvertibel, dan wagon
  • Seri 5 (F10)(2010–sekarang) Sedan dan Wagon
  • Seri 5 Gran Turismo(2009–sekarang) Progressive Activity Sedan
  • Seri 6 (E63)(2003–sekarang) Koupe dan konvertibel
  • Seri 7 (F01)(2008–sekarang) Sedan
    • X1(2009–sekarang) Compact Crossover SUV/Sports Activity Vehicle (SAV)
    • X3 (F25)(2010–sekarang) Compact Crossover SUV/Sports Activity Vehicle (SAV)
    • X5 (E70)(2006–sekarang) Compact Crossover SUV/Sports Activity Vehicle (SAV)
    • X6(2008–sekarang) Sports Activity Coupe
    • Z4 (E89)(2009–sekarang) Sports Roadster

BMW memproduksi beberapa model turunan performa tinggi dari mobil-mobil mereka dengan divisi mereka BMW M GmbH (dulunya BMW Motorsport GmbH).

Model M yang ada saat ini diantaranya:

  • Seri 1 M Coupe– E82 Coupe (hanya 2011)
  • M3– E90 Sedan, E92 Coupe, E93 Cabriolet (2007-)
  • M4– F82 Coupé, (2013-sekarang)
  • M5– F10 Sedan (2011-)
  • M6– F12/13 (2012-)
  • X5 M– E70 SAV (2010-)
  • X6 M– E71 SAV (2010-)
  • BMW M3 Coupé (E92)

Berasal dari BMW seri 3, BMW M3 masuk ke dalam kelas baru dalam jajaran mobil BMW: mobil produksi siap balap. Sejak kemunculannya, BMW M3 mendapatkan antusiasme yang lumayan baik, terutama karena mesinnya yang banyak memenangkan penghargaan.

 

  1. Motor BMW

Sejarah motor BMW dimulai pada tahun 1921 ketika perusahaan tersebut mulai mesin manufaktur untuk perusahaan lain.  Manufaktur sepeda motor ini sekarang beroperasi di bawah merek BMW Motorrad.  BMW (Bayerische Motoren Werke AG) memperkenalkan sepeda motor pertama di bawah namanya, BMW R32, pada tahun 1923.

Di bawah ini adalah daftar tipe motor BMW R Series berdasar tahun peluncurannya.  Tetapi sebelumnya perlu diketahui arti singkatan masing-masing seri motor BMW seperti berikut ini:

Singkatan                                Arti

S                                               Sport

R                                               Roadster

RS                                            Reisesport

RT                                            Reisetourer

LT                                            Luxustourer

GT                                            Grand Turismo

GS                                            Gelande Strasse

ST (R1200ST)                         Sporttourer

ST (F650ST)                            Strasse

CS (R100CS)                           Classicsport

CS (F650CS)                           Scarver

R-Series :

BMW R2 Series 1: 1931-1931

BMW R2 Series 2a: 1932-1932

BMW R2 Series 2/33: 1933-1933

BMW R2 Series 3: 1934-1934

BMW R2 Series 4: 1935-1935

BMW R2 Series 5: 1936-1936

BMW R3: 1936-1936

BMW R4 Series 1: 1932-1932

BMW R4 Series 2: 1933-1933

BMW R4 Series 3: 1934-1934

BMW R4 Series 4: 1935-1935

BMW R4 Series 5: 1936-1937

BMW R5: 1936-1937

BMW R6: 1937-1937

BMW R7 Tidak diproduksi,hanya prototipe.

BMW R10 Tidak diproduksi,hanya prototipe.

BMW R11 Series 1: 1929-1930

BMW R11 Series 2: 1930-1931

BMW R11 Series 3: 1931-1932

BMW R11 Series 4: 1933-1934

BMW R11 series 5: 1934-1934

BMW R12 Single Carb: 1935-1942

BMW R12 Twin Carb: 1935-1942

BMW R16 Series 1: 1929-1930

BMW R16 Series 2: 1930-1932

BMW R16 Series 3: 1932-1932

BMW R16 Series 4: 1933-1933

BMW R16 Series 5: 1934-1934

BMW R17: 1935-1937

BMW R20: 1937-1938

BMW R23: 1938-1940

BMW R24: 1948-1950

BMW R25: 1950-1951

BMW R25/2: 1951-1953

BMW R25/3: 1953-1956

BMW R26: 1956-1960

BMW R27: 1960-1966

BMW R28 Military: 1964-1964

BMW R32: 1923-1926

BMW R35: 1937-1940

BMW R37: 1925-1926

BMW R39: 1925-1927

BMW R42: 1926-1928

BMW R45: 1978-1985

BMW R47: 1927-1928

BMW R50: 1955-1960

BMW R50/2: 1960-1969

BMW R50/5: 1969-1973

BMW R50S: 1960-1962

BMW R50US: 1967-1969

BMW R51: 1938-1940

BMW R51/2: 1950-1951

BMW R51/3: 1951-1954

BMW R52: 1928-1929

BMW R57: 1928-1930

BMW R60: 1956-1960

BMW R60/2: 1960-1969

BMW R60/5: 1969-1973

BMW R60/6: 1973-1976

BMW R60/7: 1976-1982

BMW R60US: 1967-1969

BMW R61: 1938-1941

BMW R62: 1928-1929

BMW R63: 1928-1929

BMW R65: 1978-1985

BMW R65RT: ? ?

BMW R65GS: 1987-1992

BMW R65LS (Luxus Sport): 1981-1985

BMW R65 Mono: 1985-1993

BMW R65RT Mono: 1985-1988

BMW R66: 1938-1941

BMW R67: 1951-1951

BMW R 67/2: 1952-1954

BMW R67/3: 1955-1956

BMW R68: 1952-1954

BMW R69: 1955-1960

BMW R69S: 1960-1969

BMW R69US: 1967-1969

BMW R71: 1938-1941

BMW R75/5: 1969-1973

BMW R75/6: 1973-1976

BMW R75/7: 1976-1979

BMW R75 Sidecar Unit: 1941-1944

 

3.      Mini Cooper

Mini (ditulis sebagai MINI) adalah merek perusahaan otomotif Britania Raya yang dimiliki oleh BMW. Mobil-mobil buatan MINI berkompetisi di kelas mobil – mobil kecil.

Mini sendiri pada awalnya berasal dari sebuah mobil kecil yang dulu dikenal dengan nama Morris Mini – Minor dan Austin Seven, diluncurkan oleh British Motor Corporation tahun 1959, kemudian berkembang menjadi merek terpisah dengan berbagai modelnya, misalnya ClubmanTraveller dan Moke. Mobil Mini yang asli berbentuk 2 pintu masih diproduksi sampai tahun 2000. Model baru dari mobil ini dikembangkan mulai tahun 1995 dan akhirnya model itu diluncurkan tahun 2001. Merek MINI sendiri pada awalnya dimiliki oleh British Motor Corporation, lalu pada tahun 1966 menjadi bagian dari British Motor Holdings. British Motor Holdings bergabung dengan Leyland Motorstahun 1968 dan membentuk British Leyland. Tahun 1980an British Leyland terpecah dan di tahun 1988 Rover Group, termasuk Mini, diambil alih oleh British Aerospace. Tahun 1994 Rover Group diakuisisi BMW. Tahun 2000 Rover Group dipecah lagi oleh BMW, dan BMW hanya menyisakan merek Mini saja. Mini Hatch/Hardtop, Clubman dan Convertible semuanya dirakit diPabrik Oxford di Cowley, Britania Raya, dan Countryman dirakit oleh Magna Steyr di Austria.

  1. Rolls-Royce

Rolls-Royce adalah sebuah himpunan perusahaan, yang semuanya berakar dari perusahaan pembuat mobil dan kapal terbang Britania yang didirikan oleh Henry Royce dan C.S. Rolls pada tahun 1906. Perusahan – perusahaan tersebut adalah :

  • Rolls-Royce plc, yang memegang peran utama dalam ekonomi, adalah perusahaan teknik Britania yang menspesialisasikan dalam produk berbasis-turbin, terutama mesin pesawat, tetapi menyediakan produk dan jasa yang luas dalam masyarakat dan militer.
  • Rolls-Royce Motor Cars Limited, adalah pemroduksi mobil mewah, yang dimiliki oleh BMW, yang memulai pengantaran model tunggal, the Phantom (hantu), di Januari 2003.
  • Bentley Motorsadalah kelanjutan dari divisi mobil Rolls-Royce pertama. Sejak 1998 perusahaan ini dimiliki oleh Grup Volkswagen. Mobil Rolls-Royce dan Bentley saling berbagi dalam mekanik sejak pengambilan Bentley oleh Rolls-Royce pada tahun 1931, sering kali berbeda hanya di bagian “radiator grille”. Di tahun 2003 perusahaan ini tidak lagi memproduksi mobil Rolls-Royce, setelah dibelinya merk dagang Rolls-Royce oleh BMW dari Volkswagen. Nama julukan untuk Rolls-Royce adalah Rolls dan Roller, meskipun di Derby (markas besar Rolls-Royce plc terletak), perusahaan ini dikenal dengan Royce’s. Istilah “Rolls-Royce x” seringkali digunakan untuk menggambarkan yang terbaik dari tipenya.

 

  • Lokasi Perusahaan

Lokasi perusahaan BMW ini tersebar di banyak Negara, berikut adalah penjelasannya :

  • Kantor Pusat

BMW-Vierzylinder “BMW four-cylinder”; also BMW Tower

Bangunan ini adalah salah satu Lambang Kota Munich, Germany. Di mana yang telah menjabat sebagai markas besar dunia untuk mobil Bavaria selama lebih dari 30 tahun. Ini dinyatakan sebuah bangunan bersejarah yang dilindungi sejak tahun 1999. Bangunan ini mengalami renovasi dimulai pada tahun 2004 dan selesai pada tahun 2006.

Kedua bangunan dirancang oleh arsitek Austria Karl Schwanzer yang memiliki ketinggian kira-kira 101 Meter dan Menara ini memiliki diameter 52,30 meter. Bangunan ini memiliki 22 lantai, dua di antaranya adalah ruang bawah tanah dan 18 lainnya berfungsi sebagai ruang kantor.

  • Kantor Cabang

Kantor Cabang BMW ada di sekitar 140 seluru Negara didunia ini, tapi saya akan menjelaskan Kantor cabangnya di beberapa negara.

  • Afrika Selatan

BMW sudah merakit mobil-mobilnya di Afrika Selatan sejak 1968, ketika pabrik Praetor Monteerders dibangun di Rosslyn, dekatPretoria. BMW membeli saham perusahaan itu, dan mengakuisisi penuh tahun 1975, sehingga menjadi BMW Afrika Selatan. Perusahaan ini menjadi perusahaan penuh yang dimiliki BMW pertama di luar Jerman. 3 model yang ada di pasar Afrika Selatan adalah E23M745i (1983), BMW 333i (1986), dan E30 BMW 325is (1989).

Tidak seperti pabrikan Amerika Ford dan GM, yang memilih hengkang dari negara itu tahun 1980-an, BMW tetap mengoperasikan perusahaannya di Afrika Selatan. Ketika rezim apartheid berakhir tahun 1994, dan tarif impor turun, BMW Afrika Selatan berhenti memproduksi lokal Seri 5 dan Seri 7 agar dapat berkonsentrasi untuk memproduksi BMW Seri 3. Seri 3 buatan Afrika Selatan telah diekspor ke beberapa negara dengan mobil setir kanan seperti Jepang, Australia, Selandia Baru, Britania Raya, Malaysia, Singapura, dan Hong Kong, serta Sub-Sahara Afrika. Sejak tahun 1997, BMW Afsel juga memproduksi mobil setir kiri yang akan diekspor ke Taiwan, Amerika Serikat, Iran, dan Amerika Selatan.

Mobil BMW dengan nomor identifikasi kendaraan berawalan “NC0” adalah mobil BMW yang dibuat di Afrika Selatan.

BMW Manufacturing Co memproduksi mobil BMW seperti X5, dan belakangan X6 di Greer dekat Spartanburg, Carolina Selatan, A.S. BMW X3 juga mulai dibuat di Spartanburg. BMW dengan nomor identifikasi kendaraan berawalan “4US” dan “5US” diproduksi di Spartanburg.

Tahun 2010 BMW mengumumkan kalau mereka akan berinvestasi 750 juta dolar AS untuk berekspansi di pabrik Spartanburg. Pabrik baru ini nanti bisa memproduksi 240.000 unit kendaraan baru per tahun, dan akan menjadi pabrik mobil terbesar di A.S dilihat dari jumlah karyawannya.

  • India

BMW India didirikan pada tahun 2006 di Gurgaon (National Capital Region). Pabrik perakitan untuk Seri 3 dan Seri 5 mulai beroperasi di Chennai pada awal 2007. Konstruksi pabrik perakitan dimulai bulan Januari 2006 dengan investasi lebih dari 1 miliar rupee India.

  • China

BMW menandatangani kontrak joint ventura dengan Brilliance Automotive tahun 2003 untuk memproduksi sedan BMW di China, sedangkan pembukaan pabrik bulan Mei 2004 di timur laut kota Shenyang.

  • Kanada

Bulan Oktober 2008, BMW Grup Kanada diberi penghargaan salah satu dari Greater Toronto’s Top Employers oleh Mediacorp Canada Inc.

  • Mesir

Bavarian Auto Group adalah sebuah grup perusahaan multinasional yang didirikan bulan Maret 2003 yang ditunjuk sebagai importirm mobil BMW dan Mini di Mesir. Perusahaan ini juga mempunyai hak eksklusif untuk merakit, menjual, dan melakukan perawatan terhadap produk BMW di Mesir. BAG telah berinvestasi 100 juta dolar AS di 7 perusahaan.

Sekarang, fasilitas pabrik Bavarian Auto bisa untuk merakit model BMW Seri 3, Seri 5, Seri 7 dan X3. Sedangkan model yang masih diimpor adalah BMW Seri 1, Seri 6, X5, X6 dan semua Mini.

  • Indonesia

Sedangkan sekarang BMW berkerja sama dengan Astra Internasional dan PT Gaya Motor dengan membuat Pabrik Perakitan di Indonesia yakni di Sunter, Jakarta. Sebuah sedan BMW 523i yang telah selesai dirakit di pabrik PT Gaya Motor, Sunter, Jakarta.

Dan Negara-Negara yang lain di belahan dunia ini yang tidak dapat saya jabarkan satu persatu dimakalah ini.

  • Prestasi

BMW mempunyai sejarah sukses di Formula Satu. Mobil yang menggunakan mesin BMW telah memenangi 20 perlombaan.Tahun 2006, BMW mengambil alih tim Sauber dan menjadi konstruktor Formula Satu. Pada tahun 2007 dan 2008, tim ini menikmati beberapa kemenangan. Kemenangan terakhir yang diperoleh tim ini adalah di Grand Prix Kanada, tanggal 8 Juni 2008 dengan pengendara Robert Kubica. Beberapa pencapaian yang diraih antara lain:

  • Pemenang pembalap: 1 (1983)
  • Pemenang konstruktor: 0 (Runner-uptahun 2002, 2003, 2007)
  • Kemenangan Grand Prix: 20
  • Finish di podium: 76
  • Posisi Pole: 33
  • Waktu tercepat 1 lap: 33

BMW adalah pemasok mesin untuk tim WilliamsBenettonBrabham, dan Arrows. Beberapa pembalap terkenal yang memulai kariernya dengan BMW antara lain Jenson ButtonJuan Pablo MontoyaRobert Kubica dan Sebastian Vettel.

Bulan Juli 2009, BMW mengumumkan kalau mereka akan keluar dari kompetisi Formula Satu setelah berakhirnya musim 2009. Tim ini kembali dijual ke pemilik sebelumnya Peter Sauber, dan nama BMW Sauber berubah menjadi “Sauber” saja.

 

  • Perbedaan dengan Kompetitor

Kendaraan BMW dinamai dengan sistem penamaan tertentu, biasanya 3 digit angka yang diikuti oleh 1 atau 2 huruf. Angka pertama adalah nomor seri mobil, 2 angka berikutnya biasanya melambangkan besarnya kapasitas mesin dalam cc yang dibagi 100. Meski begitu, mobil BMW yang keluar belakangan ini menggunakan 2 nomor belakang sebagai indeks performa, misalnya seri 116i, 118i dan 120i (semua mobil ini memakai mesin bensin 2.0L), seperti 325d dan 330d (keduanya bermesin 3.0L diesel) yang menggunakan blok mesin sama tapi keluaran tenaganya berbeda karena adanya setup dan turbocharger.

Sistem penamaan ini dapat digunakan secara kombinasi. Kode yang biasa diberikan antara lain :

 

  • Artikel Pendukung Mengenai Perusahaan Multinasional BMW

VIVAnews – Pabrikan mobil premium asal Jerman, BMW, sukses menjadi mobil mewah terlaris di dunia sepanjang September lalu. BMW berhasil mencatat penjualan 128.446 unit atau meningkat 9,3 persen dibanding periode sama tahun lalu.

Berkat capaian penjualan itu, BMW juga berhasil menyisihkan dua kompetitor utama, yang juga berasal dari Jerman, yaitu Audi AG dan Mercedes-Benz.

“Hingga akhir kuartal ketiga ini, kami sudah berhasil mencapai target penjualan sepanjang 2011, yaitu 1,6 juta unit lebih,” kata Ia Robertson, Kepala Penjualan BMW, seperti dilansir Automotivenews, Selasa, 11 Oktober 2011.

Grup BMW, yang meliputi BMW, MINI, dan Rolls Royce, pada bulan September lalu, berhasil menjual sebanyak 159.214 kendaraan atau naik 11,4 persen. Secara kumulatif sepanjang Januari-September penjualan grup itu telah mencapai 1,23 juta unit.

Sedangkan, model BMW yang paling banyak diminati konsumen sepanjang September adalah BMW X3, BMW X1 dan BMW X-5.  Data pabrikan itu menunjukkan, BMW  X3 terjual 11.345 unit, BMW X1 dan BMW X-5 masing-masing terjual 12.535 dan 28.911 unit.

Adapun, Mercedes-Benz mencatatkan penjualan 120.982 unit dan Audi AG sebanyak 120.200 unit selama September lalu.

Sedangkan menurut laporan liputan6, Frankfurt: BMW AG mementapkan diri untuk tetap menjadi mobil premium terlaris di dunia, setelah penjualan global merek inti perusahaan naik 9,3 persen menjadi 128.446 unit pada September lalu.

Kenaikan ini menempatkan BMW di atas pesaingnya Audi, yang penjualannya tumbuh 1,7 persen menjadi 120.200 unit pada September, dan Mercedes-Benz, yang penjualannya naik 2 persen menjadi 120.982 unit pada periode yang sama.

“Pada akhir kuartal ketiga kita menemukan diri kita pada jalur yang benar untuk meraih target penjualan lebih dari 1,6 juta unit kendaraan pada 2011, dan tetap menjadi nomor satu diantara produsen mobil premium sekali lagi pada tahun ini,” kata Kepala penjualan BMW Ian Robertson dalam pernyataannya Senin (12/10).

Penjualan keseluruhan kendaraan BMW Group termasuk merek Mini dan Rolls-Royce, tumbuh 16 persen dalam sembilan bulan pertama tahun ini menjadi 1,23 juta unit. Pada September, kelompok merk ini menjual 159.214 unit kendaraan, atau naik 11,4 persen.

Penjualan BMW X3, X1 dan 5-series terus membantu mengangkat angka penjualan keseluruhan. Penjualan SUV kecil X3 naik 260,6 persen menjadi 11.345 unit pada September, sementara pengiriman X1 naik 24,7 persen menjadi 12.535 unit pada periode yang sama. Sedangkan sedan kelas menengah Seri 5 terjual 27.811 unit bulan lalu atau naik 29,7 persen.

Pada September, di kelompok merek Mini terjual 30.387 unit atau naik 20,5 persen. Kenaikan pengiriman ini didorong sebagian oleh keberhasilan penjualan Mini Countryman, yang telah terjual 76.000 unit sejak diluncurkan lebih dari setahun lalu. Penjualan Mini sejak Januari telah meningkat sebesar 24,1 persen menjadi 208.216 unit.

Sementara kelompok sedan Ultra-mewah Rolls-Royce angka penjualannya tumbuh 41 persen dalam sembilan bulan pertama menjadi 2.441 unit.

Di AS, yang merupakan pasar terbesar BMW Group, pabrikan ini melaporkan penjualan kendaraan pada September sebanyak 25.749 unit atau 11,4 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Sedangkan di kandangnya sendiri, Jerman yang merupakan pasar terbesar kedua BMW, pertumbuhannya rebound dari angka penjualan stagnan musim panas, dengan angka pengiriman naik 9,9 persen menjadi 23.809 unit pada September.

Penjualan di China, sebagai pasar terbesar ketiga BMW, penjualan naik 20,9 persen pada periode yang sama menjadi 18.588 unit.

Sejak Januari, BMW telah menjual 1,02 juta mobil atau naik 14,5 persen dibanding 2010. Audi sebelumnya mengungkapkan rencananya untuk menyalip BMW di penjualan mobil mewah pada tahun 2015, dengan target penjualan 1,3 juta unit mobil tahun ini. Produsen mobil itu mengatakan bahwa penjualan produk barunya naik 17,4 persen menjadi 973.200 unit dalam sembilan bulan pertama.

Sementara Mercedes mengatakan bulan lalu bahwa penjualan mobilnya dan merek Smart diperkirakan melampaui 1,35 juta unit pada 2010, dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya sebanyak 1,3 juta unit. Penjualan merek Mercedes mencapai 919.288 unit dalam sembilan bulan pertama tahun ini atau naik 7,6 persen. (autonews.com/mla)

Dari dua berita diatas dapat disimpulkan bahwa perusahaan BMW AG ini adalah salah satu market leader  di kelas mobil premium, karena mobil ini tidaklah terlalu mahal daripada pesaingnya akan tetapi dari segi kenyamanan, keamanan, serta serta performa yang tinggi. Tetapi dari segi harga, harga yang ditawarkan BMW lebih rendah daripada Mercedes Benz. Bila ingin memiliki mobil yang lebih mewah lagi, di BMW AG juga ada mobil Rolls-Royce yang dari dulu termasyur dengan mobil super mewah untuk kalangan jet set.

 

  • Daftar Pustaka

https://id.wikipedia.org/wiki/BMW

https://www.bmwgroup.com/en.html

http://www.bmw.com/com/en/

http://www.bmw.co.id/

http://otomotif.liputan6.com/read/357660/bmw-raih-angka-penjualan-tertinggi-di-duniabmw-raih-angka-penjualan-tertinggi-di-dunia

http://otomotif.vivanews.com/news/read/254543-mobil-mewah-terlaris-di-dunia\

 

Leave a comment